WhatsApp Kini Bisa Mengunci Obrolan. Begini Caranya

-

Baca Juga

Chat Lock WhatsApp
WhatsApp (foto : unsplash/Aarn Giri)

 

BerandalIntelek- Sudah tahu belum, WhatsApp kini bisa mengamankan obrolan rahasia dengan fitur barunya 'Kunci Obrolan' Dengan fitur ini, percakapan intim terkunci di folder aman dan hanya pemilik saja yang bisa mengaksesnya. 

Fitur ini pertama diumumkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg. Dengan fitur ini, bukan hanya percakapan yang terkunci, melainkan juga konten obrolan terkunci di notifikasi. Setelah sebelumnya fitur ini hanya terlihat di versi beta, sekarang sudah bisa diluncurkan untuk semua pengguna ponsel baik Android maupun iOS. 

Fitur ini pada dasarnya membuat folder obrolan terkunci dan terpisah dari obrolan, mirip dengan obrolan diarsipkan. Jadi semua obrolan yang yang diamankan dengan dikunci akan disimpan dan tidak muncul di daftar obrolan. Folder obrolan hanya dapat dibuka dengan autentikasi biometrik (sidik jari) atau kata sandi.

Menurut Meta, fitur ini cocok bagi pengguna yang suka berbagai ponsel dengan keluarganya. Sehingga, ketika mengunci obrolan di WhatsApp, orang lain yang memegang ponsel tidak bisa mengakses pesan, bahkan notifikasi obrolan tidak ditampilkan. 


 

Cara mengaktifkan fitur ini dengan mengklik profil kontak pada WhatsApp dan menggesernya ke bawah. Disitu akan ditemukan banyak pilihan pengaturan seperti Mute Notification hingga Chat Lock. Saat mengaktifkan fitur Chat Lock ada dua pilihan, yakni dengan menggunakan kata sandi atau dengan sidik jari. 

Meski sudah diluncurkan untuk semua pengguna, untuk beberapa tipe ponsel masih harus menunggu giliran. Jadi jangan kaget, bila mendapatkan ketersediaan fitur ini berbeda antara satu pengguna dengan pengguna lainnya.

Namun yang perlu diingat, Chat Lock berbeda dengan kunci sidik jari pada pengaturan umum yang mengunci pembicaraan seluruh kontak yang tersimpan. Selain itu, fitur Chat lock hanya bisa diaktifkan di perangkat utama saja. Jadi bila ditautkan pada klien WhatsApp web seperti pada komputer, maka pesan pada perangkat tertaut tidak ikut terkunci.

Sementara Meta berjanji akan mengembangkan fitur ini agar kunci obrolan bisa juga diterapkan di perangkat lain dengan akun yang sama. Bahkan mengembangkan kemampuan menggunakan kata sandi yang berbeda dengan yang dipakai di ponsel utama.